ANDA PENGUNJUNG KE :

Tuesday, March 17, 2009

koreksi atas pertemuan ke tiga

Mengupas pertemuan ketiga stenografi inggris
Pagi tadi sudah terlaksana pertemuan ketiga, namun harus diakui masih banyak dari mahasiswa yang kurang dalam memahami steno inggris, sekali lagi perlu ditegaskan bahwa penulisan steno berdasarkan apa yang anda ucapkan (pronounciation), bukan latin asli steno, sehingga kedengaran lebih mudah.
Sebagai contoh : asli kata make, dibaca meik maka tulisan steno berdasarkan meik, sedangkan stenogram sudah anda pelajari dalam steno Indonesia system karundeng, sama saja stenonya.
Apakah analogi ini bisa anda pahami ?
Kalo sudah, maka sekarang anda hanya perlu lebih memotivasi diri untuk meningkatkan kemampuan bahasa inggris, bisa melalui film berbahasa inggris, syukur bisa praktek langsung dengan native speaker, memahami kamus, memahami buku tenses bahasa inggris, lagu inggris, radio dalam diskusi bahasa inggris, dan sebagainya terserah yang paling anda sukai.
Setelah itu, praktekkan ke dalam penulisan steno inggris, maka anda akan menjadi master steno,
Kuncinya adalah : penulisan steno harus cenderung miring ke kanan, ada yang 70 derajat, atau 45 derajat, why? Karena steno adalah shorthand, maka stenogram harus cenderung cepat, dan untuk bisa lebih cepat maka harus miring ke kanan, tidak boleh tegak lurus, apalagi miring ke kiri. (aarrggghhhh)
Tulislah setiap stenogram minimal satu baris dengan kestabilan yang terjaga, baik kemiringan , ukuran huruf steno dan ketebalannya, dalam menyambung huruf steno harus dengan satu gerakan bukan putus-putus, biasakanlah menggunakan pensil terlebih dahulu sampai anda mahir, baru boleh menggunakan pen, kenapa tidak langsung dengan pen? Karena penulisan steno cenderung salah dan harus berulang-ulang sehingga akan lebih indah menggunakan pensil, selain itu aliran isi pensil lebih terjaga, tidak seperti pen yang nrocos tanpa kompromi sehingga akan cenderung rusak stenogramnya.
Apakah analogi kedua ini bisa anda pahami?
Well, kita bahas task berikutnya , yakni peraturan menyingkat dan singkatan tetap. Ini bukan hal yang mudah juga bukan hal yang terlalu sulit, sehingga diperlukan kewaspadaan dan keteletian extra anda.
Perbedaan dan persamaan peraturan menyingkat dan singkatan tetap
Perbedaannya adalah : peraturan menyingkat , anda bisa mengembangkan sendiri berdasarkan pedoman umum cara menyingkat huruf steno, sementara singkatan tetap, maka sudah tidak ada tawar menawar dalam menentukan singkatan
Persamaannya adalah : sama-sama untuk meringkas huruf steno sehingga diharapkan stenogram lebih cepat dan bisa mengikuti pembicara atau sumber bicara, mengikuti imla yang diberikan dan sebagainya.
Sampai berjumpa kembali dalam kupasan steno inggris berikutnya . see you

No comments:

Post a Comment